Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4024
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSri Tuti Rahmawati-
dc.contributor.authorNatasya Khairunnisa, 20132257-
dc.date.accessioned2024-11-01T07:44:32Z-
dc.date.available2024-11-01T07:44:32Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4024-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi bahwa pentingnya menjalani pendidikan berjenjang sampai ke perguruan tinggi, jurusan PAI merupakan jurusan yang penting untuk dipilih karena akan menjadi guru professional dalam bidang keagamaan, kegiatan Amaliyah tadris di sekolah dapat menjadi salah satu faktor alasan siswa untuk mengambil jurusan PAI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seperti apa pelaksanaan amaliyah tadris dan bagaimana kegiatan amaliyah tadris dapat menumbuhkan minat siswa dalam mengambil jurusan PAI di Perguruan tinggi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif serta menggunakan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian berada si SMA IT Daarul Rahman 3 Parung. Sumber data utama dari kepala sekolah, koordinator Amaliyah Tadris, guru pembimbing, serta siswa Amaliyah tadris. Sumber sekunder dari buku, jurnal, dan skripsi. Serta sumber dokumen berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknin analisis data bersifat kualitatif yang lebih menekankan pada makna. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanan amaliyah tadris di Daarul Rahman sama seperti kegiatan belajar mengajar pada umumnya mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, Implementasi Amaliyah tadris dapat menumbuhkan minat mengambil jurusan PAI di perguruan tinggi pada sebagian siswa serta beberapa implikasi berbeda pada siswa lainnya. Pertama, siswa tumbuh minat mengambil jurusan PAI karena ingin menjadi guru agama. Kedua, siswa tumbuh minat untuk menjadi guru dan minat dengan jurusan PGSD atau jurusan serupa lainnya tapi kurang dengan jurusan PAI. Ketiga, siswa tumbuh minat menjadi guru dengan tetap di sekolah untuk mengabdi menjadi pengajar namun belum minat ke perguruan tinggi. Maka Implementasi Amaliyah tadris ini dapat menumbuhkan minat siswa untuk menjadi seorang pengajar/guru baik dengan memperdalam ilmu ke perguruan tinggi atau langung ke sekolah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectAmaliyah Tadrisen_US
dc.subjectMinaten_US
dc.subjectJurusan PAIen_US
dc.titleImplementasi Program Amaliyah Tadris dalam Menumbuhkan Minat Siswa Memilih Jurusan PAI di Perguruan Tinggi” (Studi Kasus Siswa kelas XII Putri SMA IT Daarul Rahman 3 Parung)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
48-20312257.pdf
  Restricted Access
8.62 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
48-20312257_Publik.pdf
  Restricted Access
1.26 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.