Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4025
Title: Pengaruh Literasi Digital Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MA Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta
Authors: Lintang Oktavi Fajriah, 20312292
Advisor: Alfun Khusnia
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan perkembangan teknologi digital saat ini, literasi digital menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan dan diperlukan untuk memanfaatkan teknologi. Berkaitan dengan pendidikan, penerapan literasi digital diharapkan dapat memberikan motivasi belajar yang tinggi kepada siswa di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap motivasi belajar siswa MA Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan variabel bebas literasi digital dan variabel teriktanya motivasi belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan dokumentasi, dengan responden berjumlah 101 peserta didik terdiri dari 53 laki-laki dan 48 perempuan. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara literasi digital (X) terhadap motivasi bealajar (Y) sebesar 46,6%, dibuktikan dengan persamaan Y=19,611 + 0,640X dan hasil varian regresi t hitung 9,298 > t tabel 1,984. Sisanya sebesar 53,4% motivasi belajar dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4025
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
49-20312292.pdf
  Restricted Access
4.99 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
49-20312292_Publik.pdf
  Restricted Access
1.66 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.