Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4026
Title: | Penggunaan Media Sosial YouTube dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Al-Syukro Universal Ciputat |
Authors: | Alifia Oktaviani, 20312240 |
Advisor: | Eka Naelia Rahmah |
Issue Date: | 2024 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Kemajuan teknologi, media sosial youtube sebagai salah satu bentuk inovasi teknologi yang memudahkan untuk mendapatkan informasi yang didesain dalam bentuk audio visual sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media sosial youtube dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Al-Syukro Universal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan 5 orang peserta didik kelas III SD Islam Al-Syukro Universal. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial youtube dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Al-Syukro Universal sudah baik, melalui kesesuaian penggunaan youtube sebagai media pembelajaran dipadukan dengan kemampuan guru dalam memberikan pengajaran, mampu mengoperasikan youtube dengan baik, yang didukung dengan ketersediaan fasilitas sehingga memberikan efesiensi dalam belajar berupa pemahaman yang baik dan cepat, serta banyak manfaat lainnya. Dalam penggunaan youtube dapat meningkatkan minat siswa, terlihat ketika belajar PAI menggunakan youtube siswa merasa senang karena gambar dan suara yang menarik yang diberikan oleh youtube, ketertarikan siswa meningkat melalui suasana belajar yang berbeda ketika belajar dengan youtube, ice breaking, tugas kelompok, memberikan tugas lanjutan, dan pemilihan video yang singkat membuat siswa fokus memperhatikan, siswa menjadi aktif bertanya dan menjawab pertanyaan ketika belajar menggunakan youtube |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4026 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
50-20312240.pdf Restricted Access | 3.42 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
50-20312240_Publik.pdf Restricted Access | 768.2 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.