Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4027
Title: Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Sikap Religius Terhadap Kasus Bullying di Kelas IX SMP Negeri 06 Tangerang Selatan
Authors: Wafa Sholehah, 20312271
Advisor: Syahidah Rena
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bullying, bullying adalah perilaku yang dapat berdampak negatif pada orang lain. Dampak dari bullying dapat berwujud dalam berbagai macam bentuk yang negatif, dapat menyebabkan stres, bertindak agresif, depresi, bahkan bunuh diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap religus terhadap kasus bullying di SMP Negeri 06 Tangerang selatan Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yakni metode penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel yang digunakan berjumlah 204 responden. Sedangkan untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan analisi regresi linear berganda. Hasil perhitungan menggunakan analisis regresi linear berganda diperoleh thitung sebesar 0,184 > 2,650 ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan sikap religius secara simultan terhadap kasus bullying. Berdasarkan tabel model summary, diketahui nilai R square sebesar 0,002, hal ini mengandung arti bahwa hubungan kecerdasan emosional dan sikap religius secara simultan terhadap kasus bullying adalah sebesar 2%, sedangkan 98% lainnya dipengaruhi oleh pengaruh teman sebaya, self esteem, pola asuh orang tua, dan lain-lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4027
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
51-20312271.pdf
  Restricted Access
10.78 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
51-20312271_Publik.pdf
  Restricted Access
2.88 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.