Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4031
Title: Implementasi Taḥsīn Tartīl Al-Qur‟an Metode Maisūrā dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur‟an (Studi Kasus Mahasiswi Institut Ilmu Al-Qur‟an (IIQ) Jakarta)
Authors: Hopipah, 20312324
Advisor: Litakuna Karima
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an, namun metode yang digunakan terkadang tidak selalu sesuai dengan kondisi dan keadaan. Institut Ilmu Al-Qur‟an (IIQ) Jakarta mempunyai ciri khas metode dalam pembelajaran cara membaca Al-Qur‟an, metode ini dinamakan metode Maisūrā. Metode ini ditujukan bagi mereka yang sudah bisa membaca AlQur'an tetapi belum tartīl. Permasalahan ini meliputi keberagaman latar belakang pendidikan mahasiswi, di antaranya sebagian bukan lulusan pondok pesantren, melainkan SMA atau SMK. Beberapa mahasiswi belum fasih membaca Al-Qur‟an. Selain itu, terdapat perbedaan metode pembelajaran Ilmu Tajwid sebelum kuliah di Institut Ilmu Al-Qur‟an (IIQ) Jakarta. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi taḥsīn tartīl Al-Qur‟an metode Maisūrā dalam meningkatkan kualitas bacaan AlQur‟an, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi taḥsīn tartīl Al-Qur‟an metode Maisūrā dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur‟an di Institut Ilmu Al-Qur‟an (IIQ) Jakarta . Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan ilmu tajwid metode Maisūrā. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis data kualitatif, dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi taḥsīn tartīl alqur‟an metode maisūrā dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur‟an mahasiswi sudah berjalan dengan sangat baik, melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tujuan, evaluasi, dan hasil. Mahasiswi mampu membaca Al-Qur‟an dengan tartīl, dibuktikan dengan peningkatan kualitas bacaan Al-Qur‟an ketika setoran taḥfiẓ, nilai tajwid dan menghasilkan mahasiswi berprestasi.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4031
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
54-20312324.pdf
  Restricted Access
3.67 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
54-20312324_Publik.pdf
  Restricted Access
1.3 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.