Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4032
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEsi Hairani-
dc.contributor.authorKholili Amana, 20312289-
dc.date.accessioned2024-11-04T04:24:03Z-
dc.date.available2024-11-04T04:24:03Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4032-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri Ciputat 01. Kreativitas didefinisikan sebagai kemampuan untuk mencipta, di mana guru diharapkan dapat menciptakan sesuatu yang menarik untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pentingnya kreativitas guru disebabkan oleh kemampuannya dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan menyenangkan. Namun, pada saat penerapan metode pembelajaran yang kreatif sering kali terhambat oleh keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah. Guru yang kreatif mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, yang dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Dalam konteks mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), kreativitas guru sangat penting untuk menyajikan materi yang sering kali dianggap abstrak menjadi lebih konkret dan menarik. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan variabel bebas kreativitas guru dan variabel terikatnya minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 60 siswa kelas 5 SDN Ciputat 01. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada siswa kelas 5 serta dokumentasi pada saat penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana untuk menganalisis hubungan antara kreativitas guru dan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil uji regresi linear sederhana, nilai thitung sebesar 8.315 > ttabel 2,002 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kreativitas guru (X) berpengaruh terhadap variabel minat belajar siswa (Y). Adapun untuk tingkat pengaruh pada nilai R square sebesar 0,544 atau dengan persentase 54,4% artinya dapat dinyatakan bahwa kreativitas guru berpengaruh sebesar 54,4% dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Ciputat 01, sedangkan sisanya yaitu 45,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectKreativitas Guruen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectMinat Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di UPTD SD Negeri Ciputat 01en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
55-20312289.pdf
  Restricted Access
3.66 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
55-20312289_Publik.pdf
  Restricted Access
966.65 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.