Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4033
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Nadjematul Faizah | - |
dc.contributor.author | Annisa Nurul Fathya, 20312277 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-04T04:26:23Z | - |
dc.date.available | 2024-11-04T04:26:23Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4033 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap bacaan Al-Qur’an peserta didik di SD Negeri Ciputat 01, yaitu siswa masih banyak yang kesulitan seperti terbata-bata, kesulitan dalam memahami panjang dan pendek bacaan atau kesulitan dalam menerapkan materi tersebut saat membaca Al-Qur’an. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru PAI dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan terdiri dari kepala sekolah, 1 orang guru PAI dan 5 orang peserta didik kelas 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam memperoleh informasi berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi guru PAI dalam pembelajaran BTQ adalah dengan merencanakan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, mengadakan pembiasaan membaca surat pendek sebelum memulai pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran dengan metode iqro’, ceramah, dan tutor sebaya, menggunakan media pembelajaran, memberikan motivasi tentang pentingnya membaca AlQur’an, dan mengadakan evaluasi dengan penilaian. 2) faktor pendukungnya adalah adanya minat dari sebagian peserta didik untuk belajar BTQ, dan sistem yang melembaga. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang minatnya sebagian peserta didik dalam belajar BTQ, terbatasnya waktu dalam pembelajaran BTQ, serta terkendala oleh pengaruh pergaulan teman. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Strategi | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an | en_US |
dc.subject | Guru Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.title | Strategi Guru PAI Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) (Studi Kasus Di Kelas 5 SD Negeri Ciputat 01) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
56-20312277.pdf Restricted Access | 30.82 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
56-20312277_Publik.pdf Restricted Access | 994.06 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.