Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4036
Title: | Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menanggulangi Bullying Di MI Nurul Iman Ciledug Tangerang |
Authors: | Syifa Fauziah, 20312345 |
Advisor: | Esi Hairani |
Issue Date: | 2024 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Kekerasan (bullying) yang terjadi di sekolah kini semakin banyak muncul dalam pemberitaan. Dampak bullying di sekolah dapat menyebabkan kurangnya sosialisasi pada anak sehingga membuat mereka enggan berinteraksi dengan teman sebaya, keluarga atau masyarakat. Sudah menjadi keharusan semua warga di sekolah termasuk guru pendidikan agama Islam, harus bertanggung jawab untuk mencegah kekerasan di sekolah. Guru PAI menjadi poros keberhasilan dalam menangani kasus bullying, maka guru PAI harus memilki strategi menanganinya dengan cara yang terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru PAI dalam menanggulangi bullying. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, guru PAI di MI Nurul Iman Ciledug Tangerang telah melakukan upaya penanggulangan bullying melalui: 1) edukasi secara langsung, 2) mengikuti pelatihan khusus guru, 3) menanamkan pendidikan karakter kepada siswa, 4) kerjasama dengan orang tua, 5) dan adanya evaluasi dan pemantauan. Dengan ditemukannya perilaku bullying di MI Nurul Iman Ciledug sebagian besar terjadi hanya dalam bentuk bullying verbal. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4036 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
59-20312345.pdf Restricted Access | 3.14 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
59-20312345_Publik.pdf Restricted Access | 1.52 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.