Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4036
Title: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menanggulangi Bullying Di MI Nurul Iman Ciledug Tangerang
Authors: Syifa Fauziah, 20312345
Advisor: Esi Hairani
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Kekerasan (bullying) yang terjadi di sekolah kini semakin banyak muncul dalam pemberitaan. Dampak bullying di sekolah dapat menyebabkan kurangnya sosialisasi pada anak sehingga membuat mereka enggan berinteraksi dengan teman sebaya, keluarga atau masyarakat. Sudah menjadi keharusan semua warga di sekolah termasuk guru pendidikan agama Islam, harus bertanggung jawab untuk mencegah kekerasan di sekolah. Guru PAI menjadi poros keberhasilan dalam menangani kasus bullying, maka guru PAI harus memilki strategi menanganinya dengan cara yang terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru PAI dalam menanggulangi bullying. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, guru PAI di MI Nurul Iman Ciledug Tangerang telah melakukan upaya penanggulangan bullying melalui: 1) edukasi secara langsung, 2) mengikuti pelatihan khusus guru, 3) menanamkan pendidikan karakter kepada siswa, 4) kerjasama dengan orang tua, 5) dan adanya evaluasi dan pemantauan. Dengan ditemukannya perilaku bullying di MI Nurul Iman Ciledug sebagian besar terjadi hanya dalam bentuk bullying verbal.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4036
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
59-20312345.pdf
  Restricted Access
3.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
59-20312345_Publik.pdf
  Restricted Access
1.52 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.