Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4037
Title: Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin siswa di SDIT Daarul Hasanah
Authors: Munawaroh, 20312329
Advisor: Litakuna Karima
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih kurang disiplin. Pentingnya peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, faktor pendukung dan penghambat yang membentuk karakter disiplin siswa, upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter disiplin siswa. Perlu adanya pembiasaan-pembiasaan agar terbentuk karakter disiplin siswa. Sehingga berkaitan dengan masalah yang penulis ingin teliti. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Guru PAI dalam upaya pembentukan karakter disiplin siswa SDIT Daarul Hasanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Jumlah informan terdiri dari kepala sekolah, 1 guru PAI, 6 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data digunakan untuk mengumpulkan data, reduksi data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedisiplinan siswa di SDIT Daarul Hasanah sudah berjalan dengan baik. Faktor pendukungnya adalah kordinasi yang baik antara Guru PAI dan bagian dalam menjalankan SOP atau tata tertib sekolah. Dimana siswa yang melanggar tata tertib ada hukumannya sehingga yang awalnya tidak baik menjadi lebih baik.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4037
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
60-20312329.pdf
  Restricted Access
3.47 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
60-20312329_Publik.pdf
  Restricted Access
1.38 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.