Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4038
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Adithiya Warman | - |
dc.contributor.author | Elsa Sabrina Salsabila, 20312209 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-04T05:01:34Z | - |
dc.date.available | 2024-11-04T05:01:34Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4038 | - |
dc.description.abstract | Media digital tidak terlepas dari teknologi yang melekat padanya, hal ini sangat diperlukan untuk melek media digital (literasi media digital) yakni kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media. Kedekatan mahasiswa dengan media digital telah membawa perubahan yang sangat berarti. Perubahan yang telah terjadi dan sedang berproses membawa mereka menjadi lebih mudah dalam mendapatkan akses terhadap informasi yang ada. Namun sayangnya, kedekatan mahasiswa dengan media digital tersebut selain membawa dampak baik juga membawa dampak buruk bagi mahasiswa karena informasi yang disajikan dalam media digital belum tentu benar adanya. Permasalahan yang terjadi di era digital ini mungkin saja disebabkan karena kurangnya pemahaman dari penggunanya terkhusus mahasiswa dalam mengaplikasikan maupun memahami akan dampak dan juga cara antisipasinya ketika berhadapan dengan media digital. Sehingga timbulah sikap kurang bijak untuk menggunakan perangkat digitalnya sesuai porsinya. Persamaan dari penelitian-penelitian sebelumnya terletak pada jenis penelitian yakni dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun perbedaan adalah objek penelitian. Selain itu, perbedaan lain terletak pada tujuan penelitian. Penelitian-penelitian sebelumnya hanya berfokus pada penerapan media digital untuk meningkatkan kemampuan literasi sedangkan penelitian ini berfokus pada penggunaan media digital terhadap budaya literasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital membuat mahasiswa lebih tertarik untuk meningkatkan kecakapan budaya literasi mereka karena adanya fitur-fitur yang disajikan. Penggunaan media digital memiliki beberapa pengaruh positif terhadap peningkatan budaya literasi mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di Institut Ilmu AlQur'an (IIQ) Jakarta. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | budaya literasi | en_US |
dc.subject | media digital | en_US |
dc.subject | teknologi | en_US |
dc.title | Analisis Penggunaan Media Digital sebagai Budaya Literasi Mahasiswi Program Studi Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
61-20312209.pdf Restricted Access | 25.35 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
61-20312209_Publik.pdf Restricted Access | 1.56 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.