Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4039
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKurnia Akbar-
dc.contributor.authorPutri Nur Fitriani, 20312300-
dc.date.accessioned2024-11-04T05:30:56Z-
dc.date.available2024-11-04T05:30:56Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4039-
dc.description.abstractDi era modern ini, ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak positif bagi kemajuan generasi muda masa kini. Namun di sisi lain, dengan melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam, khususnya mengenai perilaku, sikap dan akhlak. Hal ini sangat berdampak buruk bagi perkembangan generasi muda. Peran IPNU-IPPNU adalah sebagai internalisator nilai atau penanam nilai-nilai moral dan agama. IPNUIPPNU dapat menjalankan peran ini melalui berbagai kegiatan, seperti kegiatan keagamaan, seminar, dakwah, mendekatkan pelajar kepada tokohtokoh sejarah Islam dan sebagainya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran IPNU-IPPNU dalam meningkatkan karakter religius di Pondok Pesantren Al-Nahdlah Kota Depok. Bagaimana peran pelajar Nahdlatul Ulama yaitu IPNU-IPPNU dalam meningkatkan serta menerapkan karakter religius dalam kehidupan seharihari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana penulis akan menggambarkan dan menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada objek penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) IPNU-IPPNU sangat berperan dalam meningkatkan karakter religius, terutama tidak lepas dari ajaran dan landasannya yaitu landasan Ahlussunnah wal Jamaah dimana IPNU-IPPNU juga termasuk organisasi Islam yang sangat merangkul, memberi kenyamanan, serta menjadi ruang lingkup khusus pelajar dalam berproses. 2) Adanya faktor pendukung dari seluruh elemen sekolah serta pesantren sehingga IPNU-IPPNU menjalankan kegiatan dengan baik dan lancar seperti komunikasi yang baik serta lingkungan yang mendukung kegiatan IPNU-IPPNU, baik lingkungan tempat kegiatan berlangsung maupun lingkungan sosial masyarakat setempat. dan faktor penghambat yaitu kurangnya sumber dana/material dalam menjalani kegiatan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPeranen_US
dc.subjectIPNU-IPPNUen_US
dc.subjectKarakter Religiusen_US
dc.titlePeran Organisasi Remaja Dalam Meningkatkan Karakter Religius (Studi Kasus Organisasi IPNU-IPPNU di Pondok Pesantren Al-Nahdlah Kota Depoken_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
62-20312300.pdf
  Restricted Access
2.22 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
62-20312300_Publik.pdf
  Restricted Access
1.08 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.