Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4042
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Hulailah Istiqlaliyah | - |
dc.contributor.author | Putri Piliyang, 20312336 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-04T06:51:16Z | - |
dc.date.available | 2024-11-04T06:51:16Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4042 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya memahami dan mempelajari Al-Qur’an dalam kehidupan umat Islam. Menghafal AlQur’an tidak hanya menjadi tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi, tetapi juga menjadi salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan membaca Al-Qur’an. Namun, implementasi program tahfiz Al-Qur’an sering menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya minat siswa, keterbatasan waktu yang dialokasikan oleh sekolah, serta keterbatasan fasilitas dan dukungan dari pihak sekolah dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, implementasi program tahfiz Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di MI Nurun Najah Pancoran, Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif di MI Nurun Najah. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfiz Al-Qur’an yang diterapkan di MI Nurun Najah telah berjalan dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa hambatan. Implementasi program ini melibatkan perencanaan yang matang, pengawasan yang ketat, dan evaluasi berkala untuk memastikan kemajuan siswa dalam menghafal dan membaca Al-Qur’an. Dukungan dari sekolah dan orang tua sangat penting dalam keberhasilan program ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program tahfiz Al-Qur’an memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Oleh karena itu, disarankan agar program ini terus dikembangkan dengan dukungan yang lebih maksimal dari berbagai pihak. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Implementasi Program | en_US |
dc.subject | Kemampuan Membaca | en_US |
dc.subject | Tahfiz Al-Qur’an | en_US |
dc.title | Implementasi Program Tahfiz Juz 30 dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MI Nurun Najah Pancoran Jakarta Selatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
65-20312336.pdf Restricted Access | 31.03 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
65-20312336_Publik.pdf Restricted Access | 31.04 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.