Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4046
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Syahidah Rena | - |
dc.contributor.author | Siti Alawiyah Zulfa, 20312267 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-06T04:22:20Z | - |
dc.date.available | 2024-11-06T04:22:20Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4046 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh efikasi diri peserta didik yang rendah, disebabkan karena metode pembelajaran yang terlalu monoton dan kurang variatif terutama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dalam upaya untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik diperlukan metode pembelajaran yang bervariasi, kreatif dan inovatif. Karena metode pembelajaran yang sesuai merupakan bagian penting dalam kegiatan pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan Efikasi diri pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, 2 Guru PAI dan 4 Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang. Teknik analisis data melalui tiga tahapan, yaitu redusi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang dapat meningkatkan efikasi diri siswa kelas XI. Keberhasilan metode pembelajaran dapat dilihat dari tahapan perencanaan yang direncanakan secara matang melalui penyusunan modul ajar, pelaksanaan berjalan sesuai dengan konsep yang telah direncanakan serta evaluasi. Adapun keberhasilan metode pembelajaran Problem Based Learning dilihat dari peserta didik yang mampu mengerjakan tugas dengan tingkat kesulitan tinggi, tidak menghindar dari tugas, memiliki keyakinan atas usahanya, tidak mudah menyerah, mampu mengembangkan kemampuan, memiliki keyakinan dapat menyelesaikan permasalahan dan mampu mengerjakan tugas yang berbeda dalam satu waktu. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Efikasi diri | en_US |
dc.subject | Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.title | Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Efikasi Diri Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
67-20312267.pdf Restricted Access | 4.21 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
67-20312267_Publik.pdf Restricted Access | 2.2 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.