Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4047
Title: Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MTs Terpadu Attaqwa 04 Bekasi
Authors: Siti Hardayanti, 20312304
Advisor: Esi Hairani
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran orang tua dalam memberikan pola asuh yang baik untuk mendukung motivasi belajar siswa. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dapat mempengaruhi perkembangan psikologis dan pendidikan anak, terutama dalam meningkatkan semangat belajar siswa di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MTs Terpadu Attaqwa 04 Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 di MTs Terpadu Attaqwa 04 Bekasi, yang dipilih secara acak dengan jumlah 140 siswa. Data dikumpulkan melalui angket yang dirancang untuk mengukur pola asuh orang tua dan motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana untuk mengetahui hubungan antara pola asuh dan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuhan orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa cara orang tua mengasuh anak mereka berpengaruh langsung terhadap tingkat motivasi belajar siswa di sekolah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4047
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
68-20312304.pdf
  Restricted Access
5.01 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
68-20312304_Publik.pdf
  Restricted Access
678.29 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.