Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4048
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Litakuna Karima | - |
dc.contributor.author | Safira Aulia, 20312339 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-06T05:00:49Z | - |
dc.date.available | 2024-11-06T05:00:49Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4048 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan metode yang kurang tepat dalam suatu pembelajaran dapat menyebabkan hasil pembelajaran menjadi kurang optimal. Salah satunya dalam pembelajaran Al-Qur’an di MI Al-Mursyidiyyah pembelajaran Al-Qur’an diterapkan dengan menggunakan metode tilawati, dari hal tersebut diharapkan minat dan kemampuan para siswa dapat meningkat sehingga hasil pembelajaran lebih efektif dan berkualitas. MI Al-Mursyidiyyah merupakan sekolah dasar yang berbasis kurikulum metode setiap siswa dituntut untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan tartil. Karena banyaknya siswa yang masih kurang dalam membaca Al-Qur’an terutama dalam makharijul huruf, dan tajwidnya, sehingga menghambat siswa dalam proses membaca Al-Qur’an dengan kaidah tajwid yang benar. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mentarjim bacaan Al-Qur’an sehingga bacaan Al-Qur’an menjadi bacaan yang berkualitas di MI Al-Mursyidiyyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode tilawati secara signifikan meningkatkan kualitas Bacaan Al-Qur’an siswa. Setelah penerapan, terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, baik dari segi kefasihan, ketepatan tajwid, maupun kecepatan membaca. Peningkatan ini juga didukung oleh pendekatan pembelajaran yang terstruktur dan sistematis, partisipasi aktif guru dalam memberikan bimbingan, serta dukungan dari lingkungan sekolah. Selain itu, metode tilawati berhasil meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa terhadap pembelajaran AlQur’an. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Implementasi | en_US |
dc.subject | Kualitas Bacaan Al-Qur’an | en_US |
dc.subject | Metode Tilawati | en_US |
dc.title | Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Kelas VI Di Sekolah MI Al-Mursyidiyyah Pamulang Tangerang Selatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
69-20312339.pdf Restricted Access | 3.55 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
69-20312339_publik.pdf Restricted Access | 1.09 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.