Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4049
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Yanti Susanti | - |
dc.contributor.author | Sifa Aulia Hanin, 20312265 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-06T05:03:20Z | - |
dc.date.available | 2024-11-06T05:03:20Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4049 | - |
dc.description.abstract | Menurut Ahmad Atabik Saat ini, meskipun mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, masih banyak yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an dengan baik. Tak jarang, mereka harus mengeja huruf atau kalimat satu per satu. Ini sangat berbeda dengan orang yang hafal AlQur’an, yang mampu membaca satu juz dalam waktu sekitar 15-20 menit, sehingga bisa menyelesaikan khatam Al-Qur’an dalam semalam. Pekerjaan (amal) ini sangat luar biasa, namun sayangnya hanya dikenal di kalangan masyarakat tertentu dan belum mendapatkan apresiasi yang luas. Bahkan, jika dibandingkan dengan membaca Al-Qur’an dengan cara dilagukan (qiro’ah), tahfidz Al-Qur’an masih kurang populer. Maka dari itu, perlu adanya Kreativitas Guru Tahfidz dalam Pembelajaran hafalan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kreativitas guru tahfidz dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an di MI Pembangunan UIN Jakarta Syarif Hidayatullah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah MI Pembangunan, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Guru Tahfidz, dan siswa MI Pembangunan. Teknik pengumpulan data mencakup observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari wawancara dengan kepala sekolah menunjukkan bahwa capaian pembelajaran hafalan Al-Qur’an di MI Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta selama dua tahun terakhir cukup maksimal. Secara umum, target hafalan juz 30 telah tercapai, dengan tingkat pencapaian 85%. Keberhasilan ini terlihat dari hasil perlombaan tahun ini, di mana banyak siswa meraih prestasi di bidang tahfidz dan menerima Anugerah Mukti Ali dari MI Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Kreativitas | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an | en_US |
dc.subject | Guru Tahfidz | en_US |
dc.title | Kreativitas Guru Taḥfidz dalam Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
70-20312265.pdf Restricted Access | 3.23 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
70-20312265_Publik.pdf Restricted Access | 3.23 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.