Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4052
Title: | Pemanfaatan Website Hai Pals Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Pembangunan UIN Jakarta |
Authors: | Firna Nahwa Firdaus, 20312322 |
Advisor: | Kurnia Akbar |
Issue Date: | 2024 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Penelitian ini dilatar belakangi hadirnya salah satu pemanfaatan website hai.pals di sekolah tentang sejarah Palestina pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Dengan adanya website ini, siswa dapat mengembangkan pengetahuan keagamaan dari materi Sejarah Kebudayaan Islam pada bab “Penjajahan Bangsa Barat Atas Dunia Islam” yang sampai saat ini masih berpengaruh dengan terjadinya penjajahan di Palestina. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan website Hai.Pals dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas XI terhadap sejarah Palestina dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat terhadap pemanfaatan website Hai.Pals. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden terdiri dari guru, siswa/i kelas XI, dan pengelola website Hai.Pals. Hasil Penelitian menunjukkan dampak positif dari siswa merasakan manfaat dari salah satu contoh fitur yang digunakan di website hai.pals ialah “Ruang Kelas. Jerat Data, Saung Aksara” dan lainnya. Namun, Penelitian ini juga menemukan adanya kebutuhan untuk pengembangan fitur interaktif seperti kuis, permainan edukasi, dan simulasi sejarah yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4052 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
73-20312322.pdf Restricted Access | 1.58 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
73-20312322_Publik.pdf Restricted Access | 582.72 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.