Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4053
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSri Tuti Rahmawati-
dc.contributor.authorRia Arzulia Sholehah, 20312261-
dc.date.accessioned2024-11-06T05:57:33Z-
dc.date.available2024-11-06T05:57:33Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4053-
dc.description.abstractPublic speaking adalah aktivitas berbicara secara langsung atau tatap muka dengan audiens. Dalam penerapannya saat ini, public speaking dapat berlaku dalam konteks formal dan informal, serta juga dapat melalui media perantara seperti kegiatan muhadharah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan siswa khususnya dalam berbicara dan berdakwah, mengasah keberanian dan spiritualitas siswa untuk berbicara di depan banyak orang, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung kegiatan Muhadharah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan muhadharah dalam meningkatkan kepercayaan diri public speaking pada siswa kelas 8 MTs daarul hikmah dan penelitian ini berfokus pada peningkatan kepercayaan diri public speaking siswa yang dikembangkan melalui kegiatan muhadharah yang dilaksanakan oleh sekolah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif dan studi kasus. Informan penelitian berjumlah 4 unsur diantaranya adalah Waka Kurikulum sekolah, guru pembimbing kegiatan muhadharah, dan 2 siswa sebagai perwakilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tidak terlibat, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik induktif seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian pelaksanaan kegiatan Muhadharah untuk melatih kepercayaan diri public speaking siswa kelas 8 adalah dengan menghafal dan menentukan tema dan isi pidato. Dampak yang dicapai siswa adalah mereka menyerap ilmu dengan baik, memiliki pengetahuan yang luas, dapat mengolah bahasa dengan baik, mentalnya terlatih, percaya diri dalam berbicara di depan umum, dan mempunyai daya ingat yang tinggi berkembang dan semakin inovatif dalam berkomunikasi. Dan jika siswa menggunakan metode memoriter yakni metode berbicara didepan umum dengan menghafal teks atau naskah yang sudah disiapkan, siswa akan merasa lebih percaya diri dengan adanya kegiatan yang yang berkaitan dengan berbicara di depan umum.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subject: Implementasien_US
dc.subjectKepercayaan dirien_US
dc.subjectPublic Speakingen_US
dc.subjectMuhadharahen_US
dc.titleImplementasi Kegiatan Muhadharah Dalam Melatih Kepercayaan Diri Public Speaking Pada Siswa Kelas 8 MTs Daarul Hikmah Pamulangen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
74-20312261.pdf
  Restricted Access
2.4 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
74-20312261_Publik.pdf
  Restricted Access
870.12 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.