Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4055
Title: Efektivitas Penerapan Social Emotional Learning Pada Pembentukan Rasa Empati Peserta Didik MI Rahmania Islamic School
Authors: Nida Aulia, 20312258
Advisor: Litakuna Karima
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman atau pembelajaran abad 21 dengan adanya perkembangan teknologi yang menyebabkan kurangnya rasa peduli terhadap lingkungan sekitar. Sehingga peserta didik pada saat ini masih belum bisa membentuk karakter yang baik terutama dalam berempati. Berdasarkan pra penelitian, penulis tertarik dengan adanya Social Emotional Learning di MI Rahmania Islamic School. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan efektivitas Social Emotional Learning pada pembentukan empati peserta didik di MI Rahmania Islamic School. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Social Emotional Learning pada pembentukan empati peserta didik di MI Rahmania Islamic School menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang baik. Pembentukan empati peserta didik kelas 5 di MI Rahmania Islamic School pada aspek kognitif sudah terbentuk dan terlihat secara signifikan berdasarkan hasil penilaian observasi awal dan akhir pada komponen perspective taking dan fantasy. Hal ini menunjukkan Social Emotional Learning telah berhasil dan cukup efektif dalam memberikan perubahan pada pembentukan empati peserta didik.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4055
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
76-20312258.pdf
  Restricted Access
9.71 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
76-20312258_Publik.pdf
  Restricted Access
763.37 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.