Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4059
Title: Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di SDN Peninggilan 2 Kota Tangerang
Authors: Hafizhoh Azizah Salamah, 20312214
Advisor: Siti Rohmah
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar Belakang dari penelitian ini Kejenuhan dalam belajar terkadang tidak hanya disebabkan oleh guru saja, namun juga dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti minat anak untuk bermain game online dan menggunakan gadget, serta keinginannya untuk bermain bersama dengan teman-temannya dibandingkan belajar. Oleh karena itu, guru harus memilih strategi yang tepat agar siswa tetap terlibat dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif. Informan yang diwawancarai peneliti terdapat 5 orang, yang terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 1 Guru PAI, dan 3 perwakilan siswa kelas V SDN Peninggilan 2 Kota Tangerang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru PAI untuk mengatasi kejenuhan yaitu strategi jigsaw yang melibatkan kolaborasi siswa dalam kelompok kecil. Faktor pendukung guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa yaitu metode yang bervariasi, kondisi kelas yang kondusif, kemampuan guru, dan penggunaan media. Faktor yang menghambat guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa yaitu masalah kesehatan dan kurangnya interaksi yang baik antara guru dan siswa.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4059
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
80-20312214.pdf
  Restricted Access
1.31 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
80-20312214_Publik.pdf
  Restricted Access
569.71 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.