Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4060
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEka Naelia Rahmah-
dc.contributor.authorBinta Fadlila Ramadhani, 20312205-
dc.date.accessioned2024-11-06T08:16:41Z-
dc.date.available2024-11-06T08:16:41Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4060-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi karena orangtua ingin anak-anak mereka tidak hanya belajar pelajaran disekolah saja tetapi ingin anak-anak bisa membaca Al-Qur’an dan menghafalkannya, dalam belajar dan menghafal AlQur’an juga butuh metode yang menarik, interaktif, dan efektif. Saat ini juga banyak sekali metode yang bisa digunakan dalam mempelajari Al-Qur’an dan salah satu metode yang bertujuan memudahkan anak-anak memahaminya baik dari materi atau teknik menghafanya adalah Metode Ummi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Di SDIT Matahari Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif Deskriptif, sumber data penelitian berdasarkan data primer, wawancara dengan 5 informan (Kepala Sekolah, Koordinator Al-Qur’an, Guru Tahfiẓ, dan siswa siswi), data sekunder yang digunakan yaitu buku, jurnal, dan buku sekolah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Penerapan Metode Ummi mencakup 7 tahapan, yaitu: 1) Tahap Pembukaan, mengondisikan siswa untuk tertib sebelum pembelajaran, 2) Tahap Apersepsi, menyampaikan apersepsi bacaan dan apersepsi hafalan, 3) Tahap Penanaman Konsep Proses, mengulang materi sebelumnya dan mengaitkan materi yang akan dibahas, 4) Tahap Pemahaman Konsep, menyampaikan materi beserta contoh bacaan Al-Qur’an, 5) Tahap Latihan Atau Keterampilan, menyampaikan materi dan siswa mempraktekkannya langsung kemudian memberikan PR Al-Qur’an, 6) Tahap Evaluasi, mengadakan tahsin rutin 1-2 minggu sekali, 7) Tahap Penutup, memberikan kesimpulan dan memotivasi siswa. Meningkatnya Kemampuan Menghafal siswa melalui Penerapan Metode Ummi, kemampuan menghafal siswa dapat dilihat dari Kelancaranya Dalam Menghafal dengan rajin berlatih mandiri dan sering mendengar murottal metode ummi, Ketepatan Baacan AlQur’an Dengan Ilmu Tajwid yang dikembangkan dengan mencontohkan langsung tajwidnya, Fasih Dalam Menghafal yaitu siswa saat di sekolah mengulang bacaan 3-5 kali baru dipraktekkan secara jelas dan benar baru disetorkan, serta berlatih mandiri didampingi dukungan guru dan orang tua.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPenerapanen_US
dc.subjectMenghafal Al-Qur’anen_US
dc.subjectMetode Ummien_US
dc.titlePenerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di SDIT Matahari Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
81-20312205.pdf
  Restricted Access
3.13 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
81-20312205_Publik.pdf
  Restricted Access
1.16 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.