Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4061
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Shopiyah | - |
dc.contributor.author | Zidny Huriah, 20312235 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-06T08:19:23Z | - |
dc.date.available | 2024-11-06T08:19:23Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4061 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru tahfiz dalam membimbing siswa untuk menghafal Al-Qur'an secara optimal. Metode pengajaran yang tepat sangat diperlukan agar siswa dapat menghafal dengan baik, sehingga penelitian ini fokus pada penerapan metode Ummi. Metode ini menekankan pengajaran tartil dengan memperhatikan tajwid, makharijul huruf, dan efektivitas hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru tahfiz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an siswa di SDIT AlHikmah Pondok Cabe dengan menggunakan metode Ummi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian ini di SDIT Al-Hikmah Pondok cabe, Tangerang Selatan. Sumber data primer penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator guru Al-Qur’an metode Ummi, guru Al-Qur’an metode Ummi, dan siswa kelas 5 di SDIT AlHikmah. Adapun data sekunder dalam penelitian ini adalah buku jilid Ummi, serta catatan lainnya yang berkaitan dengan penerapan metode Ummi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah strategi guru tahfiz di SDIT Al-Hikmah Pamulang telah melakukan perannya sebaik mungkin dalam upaya meningkatkan hafalan siswa, dilihat dari penerapan metode Ummi yang dianggap efektif karena mempunyai sistem yang terstrtuktur, serta memastikan setiap guru tahfiz telah bersertifikasi Ummi dan hafal juz 30 untuk memastikan kompetensi mereka dalam membimbing siswa. Keberhasilan dalam penerapan metode Ummi terlihat dari peningkatan ketartilan bacaan Al-Qur’an siswa, kualitas hafalan yang semakin baik, penguasaan materi tajwid, dan hasil evaluasi yang didapat dari hasil ujian siswa yang diadakan setiap tahun. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Strategi Guru | en_US |
dc.subject | Metode Ummi | en_US |
dc.subject | Tahfiz Al-Qur’an | en_US |
dc.title | Strategi Guru Tahfiz dalam Upaya Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Melalui Metode Ummi di SDIT Al-Hikmah Pondok Cabe | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
82-20312235_Publik.pdf Restricted Access | 851.89 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
82-20312235.pdf Restricted Access | 3.39 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.