Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4063
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEka Naelia Rahmah-
dc.contributor.authorNurul Fathonah, 20312333-
dc.date.accessioned2024-11-06T08:25:01Z-
dc.date.available2024-11-06T08:25:01Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4063-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi karena terjadinya kejenuhan belajar pada peserta didik, di mana peserta didik merasa bosan dan lelah selama proses pembelajaran. Hal ini dapat disebabkan oleh metode pengajaran guru yang monoton tanpa variasi, sehingga mengakibatkan kejenuhan belajar, terutama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sering menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Dan karena itu penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode peer teaching guna menurunkan kejenuhan belajar peserta didik di MTs Pembangunan UIN Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian terdiri dari 7 informan yaitu; Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bagian Kurikulum, Guru Bidang Studi Al-Qur’an Hadiṡ , dan 4 orang peserta didik kelas VIIB MTs Pembangunan UIN Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode peer teaching oleh guru dapat membantu menurunkan kejenuhan belajar pada peserta didik pada pembelajaran Al-Qur’an Hadiṡ dengan sangat baik, metode ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu, a) tahapan persiapan, di mana pada tahap ini kelelahan emosional peserta didik teralihkan dengan penantian akan pembagian kelompok yang akan dilakukan b) tahapan pelaksanaan, di mana penggunaan media spin membuat peserta didik terus memperhatikan guru dan membuat kelelahan kognitif peserta didik menurun, dan peserta didik yang menjadi tutor dapat menjadikan peserta didik yang lain termotivasi untuk menjadi tutor selanjutnya c) tahapan evaluasi, pemberian poin pada peserta didik dapat membuat mereka terus termotivasi untuk berlomba-lomba menjawab dan bertanya, hal ini menjadikan pembelajaran Al-Qur’an Hadis dengan menggunakan metode peer teaching terasa menyenangkan dan sangat aktif sehingga kejenuhan belajar pada peserta didik dapat di turunkan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPenerapanen_US
dc.subjectKejenuhan Belajaren_US
dc.subjectMetode Peer Teachingen_US
dc.titlePenerapan Metode Peer Teaching dalam Menurunkan Kejenuhan Belajar pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadi𝐬̇ di MTs Pembangunan UIN Jakartaen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
84-20312333.pdf
  Restricted Access
3.48 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
84-20312333_Publik.pdf
  Restricted Access
816.46 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.