Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4064
Title: | Strategi Guru PAI Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Di SDIT Al-Muzzammil Bekasi |
Authors: | Umniyyati Ssholihah, 20312347 |
Advisor: | Siti Istiqomah |
Issue Date: | 2024 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya perubahan kurikulum yang di sah kan oleh Menteri Pendidikan saat ini bapak Nadiem Makarim. Dimana, saat ini sedang digencarkan kurikulum pendidikan Merdeka Belajar. Masih terdapat kekurangan dalam implementasi kurikulum Merdeka tersebut dalam beberapa aspek. Kekurangan tersebut terangkum dalam performa guru ketika menyelenggarakan proses pembelajaran. Salah satu upaya dalam meminimalisir kekurangan tersebut yaitu, guru di tuntut untuk menguasai berbagai macam strategi pembelajaran. Dengan tujuan agar dapat membangun suasana belajar yang lebih adaptif, aktif, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan tujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam penerapan kurikuluum Merdeka. adapun pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan antara lain ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan kurikulum Merdeka di SDIT Al-Muzzammil Bekasi berjalan secara baik. Dengan menggunakan strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran, dan strategi pengelolaan pembelajaran. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum Merdeka juga semakin bervariasi dengan adanya kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan P5, di SDIT Al-Muzzammil pelaksanaan P5 yang diterapkan salah satunya dengan melihat dari sisi dimensi beriman, bertakwa, dan juga akhlak nya. Kemudian pembelajaran yang berpusat pada peserta didik misalnya dengan melaksanakan pembelajaran melalui metode diskusi, dimana guru berperan sebagai fasilitator yang mengamati, dan membimbing proses belajar. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4064 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
85-20312347.pdf Restricted Access | 4.31 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
85-20312347_Publik.pdf Restricted Access | 4.29 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.