Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4066
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHulailah Istiqlaliyah-
dc.contributor.authorAlya Rahma Nabila, 20312241-
dc.date.accessioned2024-11-06T08:36:05Z-
dc.date.available2024-11-06T08:36:05Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4066-
dc.description.abstractPenelitian di latar belakangi oleh sebuah fenomena yang akhir-akhir ini menyita perhatian dunia pendidikan. Fenomena tersebut adalah kekerasan di sekolah, baik yang dilakukan oleh guru maupun siswa. Kita sering melihat aksi anak-anak mengejek, mengolok-olok atau mendorong teman. Namun, tidak menyadari konsekuensi yang terjadi jika anak mengalami bullying. Oleh sebab itu berbagai pihak harus bisa memahami apa dan bagaimana bullying itu, sehingga dapat secara komprehensif melakukan pencegahan dari akibat yang tidak diinginkan. Tujuan penelitian ini yaitu: Mendeskripsikankan Upaya guru PAI menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMP Tunas Utama Karawang, Mendeskrisipkan proses penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMP Tunas Utama Karawang, dan hasil dari menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMP Tunas Utama Karawang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian yaitu sebanyak 3 orang : Kepala sekolah, Guru Pai, dan Siswa. Penulis menyimpulkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha guru PAI menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMP Tunas Utama Karawang adalah melakukan inovasi dalam pembelajaran, menemukan dan mengatasi kendala dalam penanaman nilai PAI, melakukan kerjasama dengan pihak yang lain. Proses penanaman nilai – nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying yaitu dengan memberikan pembiasaan, keteladanan, kedisiplinan, nasihat dan melakukan komunikasi terbuka. Dan hasil penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah prilaku bullying yaitu mengurangi tindakan bullying tertanam nilai aqidah, ibadah dan akhlak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectNilai Pendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectBullyingen_US
dc.titleNilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas VII Di SMP Tunas Utama Karawangen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
87-20312241.pdf
  Restricted Access
20.46 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
87-20312241_Publik.pdf
  Restricted Access
760.23 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.