Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4084
Title: Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Ummu Nabila Cileungsi
Authors: Lisyafa’ati Hij Nabila Putri, 20320065
Advisor: Nur Aini Zaida
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa peneliti melihat langsung perkembangan sosial emosional dapat menanamkan nilai percaya diri, kemandirian dan bertanggung jawab melalui kegiatan metode bermain peran. Tujuan dari peneliti ini untuk mendeskripsikan proses penerapan metode bermain peran dalam kegiatan pembelajara pada anak di dalam kelas, dan mengetahui peningkatan kemampuan sosial emosional anak dengan kegiatan bermain peran di RA Ummu Nabila. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dengan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di RA Ummu Nabila cileungsi adalah (1.) penerapan metode bermain : guru mempersiapkan tema, guru membuat scenario, guru menyiapkan alat, guru mengumpulkan anak untuk diberi pengarahan, guru membagikan tugas kepada anak, guru mengawasi dan mendampingi anak, guru mengadakan diskusi setelah bermain peran.(2.)faktor mempengarahi perkembangan sosial emosional pada penerapan bermain peran adalah faktor keluarga, faktor lingkungan dan faktor Pendidikan.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4084
Appears in Collections:Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
3-20320065.pdf4.26 MBAdobe PDFView/Open
3-20320065_Publik.pdf660.07 kBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.