Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4086
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Kurnia Akbar | - |
dc.contributor.author | Najla’ Afifah Hulwah, 20320070 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-13T07:56:56Z | - |
dc.date.available | 2024-11-13T07:56:56Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4086 | - |
dc.description.abstract | Semakin meluasnya penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari dan dampaknya terhadap pola asuh orang tua. Digital parenting, yang mencakup cara orang tua mengelola dan mengontrol penggunaan teknologi oleh anak-anak, menjadi semakin penting dalam konteks perkembangan sosial emosional anak usia dini. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, penting untuk memahami bagaimana interaksi antara anak dan teknologi dapat memengaruhi perkembangan sosial emosional mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh digital parenting terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Al-Kautsar Jagakarsa, Jakarta Selatan. Penelitian ini fokus pada masalah pengaruh digital parenting terhadap perkembangan sosial emosional anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana. Sampel penelitian terdiri dari anak-anak usia 5-6 tahun di TK Al-Kautsar Jagakarsa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Angket untuk mengukur seberapa besar pengaruh digital parenting terhadap perkembangan sosial emosional anak. Responden dalam penelitian ini adalah orang tua siswa kelompok B TK Al-Kautsar Jagakarsa, Jakarta Selatan sejumlah 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara digital parenting dan perkembangan sosial emosional anak, dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0.001. Ini mengindikasikan bahwa digital parenting memiliki hubungan yang kuat dengan perkembangan sosial emosional anak-anak di TK Al-Kautsar. Selain itu, nilai Adjusted R Square sebesar 0.375 mengindikasikan bahwa 37.5% variasi dalam perkembangan sosial emosional anak dapat dijelaskan oleh variabel digital parenting, sementara sisanya sebanyak 62,5% perkembangan sosial dan emosional anak usia dini dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian, seperti lingkungan keluarga, teman sebaya, pendidikan, dll. Kesimpulan dari penelitian ini adalah digital parenting berkontribusi signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini, menekankan pentingnya peran orang tua dalam mengelola penggunaan teknologi oleh anak-anak. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Digital Parenting | en_US |
dc.subject | Sosial Emosional | en_US |
dc.subject | Anak Usia Dini | en_US |
dc.title | Pengaruh Digital Parenting terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Al-Kautsar Jagakarsa Jakarta Selatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
5-20320070.pdf | 2.94 MB | Adobe PDF | View/Open | |
5-20320070_Publik.pdf | 726.74 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.