Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4089
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Hasanah | - |
dc.contributor.author | Mia Istiqomah, 20320068 | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-13T08:05:03Z | - |
dc.date.available | 2024-11-13T08:05:03Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4089 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengalaman langsung melihat kasus bullying di sekolah selama Program Pengalaman Lapangan (PLP). Pengalaman ini menginspirasi untuk menggali lebih dalam mengenai pola penanganan guru yang efektif dalam mengatasi kasus bullying. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menanamkan pola penanganan guru dalam menghadapi bullying pada anak usia dini dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat guru dalam penanganan bullying di RA Raushan Fikr Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti berupaya untuk menggambarkan kegiatan yang diteliti pada objek tertentu dengan jelas dan sistematis. Sumber data utama penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas B Abu Bakar As-Siddiq, guru kelas B Abu Bakar As-Siddiq. Adapun sumber data sekunder mencakup buku, jurnal, skripsi, artikel berita online, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pola penanganan: guru memberikan pendampingan khusus dengan pendekatan hati-hati dan penuh kasih sayang, penyuluhan dan perlindungan, guru memberikan aturan-aturan dan arahan yang jelas bagi anak tentang perilaku yang diharapkan dan tidak diharapkan di dalam kelas. Guru mengadakan evaluasi setelah memberikan pendampingan. (2) Faktor pendukung dan penghambat: pendukung termasuk kesadaran guru tentang bullying, keterampilan komunikasi yang baik, dan dukungan kebijakan sekolah. Penghambat meliputi kurangnya kerjasama antara orang tua, dan pihak sekolah, kurangnya edukasi tentang bullying, dan literasi tentang keluarga harmonis. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Penanganan Guru | en_US |
dc.subject | Bullying | en_US |
dc.subject | Anak Usia Dini | en_US |
dc.title | Pola Penanganan Guru dalam Menghadapi Bullying pada Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di RA Raushan Fikr Tangerang Selatan) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
8-20320068.pdf | 1.96 MB | Adobe PDF | View/Open | |
8-20320068_Publik.pdf | 696.29 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.