Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4100
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet-
dc.contributor.advisorPahrurroji-
dc.contributor.authorMawaddah Warohmah, 222430347-
dc.date.accessioned2024-12-11T07:36:53Z-
dc.date.available2024-12-11T07:36:53Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4100-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecerdasan emosional anak yatim melalui kegiatan menghafal Al-Qur’an di Pesantren Yatim Cahaya Madinah Tanggerang Selatan, mengelaborasi implementasi menghafal Al-Qur’an di Pesantren Yatim Cahaya Madinah Tanggerang Selatan, serta menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer dari pengasuh pesantren, pembina tahfizh, ketua pesantren, pembina asrama, dan santri yatim yang tinggal di asrama Pesantren Yatim Cahaya Madinah Pondok Cabe Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Kegiatan tahfizh Al-Qur’an yang diterapkan di Pesantren Yatim Cahaya Madinah meliputi: menambah hafalan (ziyadah), mengulang hafalan (muroja’ah), sistem ujian kenaikan juz, kegiatan sima’an mingguan santri, dan ujian hafalan dengan kelipatan lima juz sekali duduk. 2) Menghafal Al-Qur’an dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak yatim di Pesantren Yatim Cahaya Madinah Pondok Cabe Tangerang Selatan, hal ini dapat dilihat dari aspek-aspek kecerdasan emosional diantaranya kesadaran diri (self awareness), pengendalian diri (self regulation) , motivasi diri (self motivation), empati (empathy), dan keterampilan sosial (social skill) mereka yang meningkat. 3) Adapun faktor pendukungnya yaitu mempunyai keinginan yang kuat untuk menghafal, mengingat keistimewaan menghafal Al-Qur’an, adanya dukungan dari keluarga, adanya dukungan dari guru, lingkungan yang mendukung, adanya ujian tahfizh, mengadakan kegiatan positif. Sedangkan faktor penghambatnya ialah malas, mengantuk, masalah keluarga, kesulitan dalam menghafal, tidak mengikuti kegiatan atau kabur, dan manajemen waktu yang kurang baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherProgram Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMenghafal Al-Qur’anen_US
dc.subjectAnak Yatimen_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.titleEfektivitas Menghafal Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Yatim di Pesantren Yatim Cahaya Madinah Tangerang Selatanen_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
222430347_Mawaddah Warohmah.pdf
  Restricted Access
222430347_Tesis3.59 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.