Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4103
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sri Widyastri | - |
dc.contributor.advisor | Muh. Ubaidillah Al-Ghifary Slamet | - |
dc.contributor.author | Izhar Syafawi Sya’ban, 221430316 | - |
dc.date.accessioned | 2024-12-13T05:05:19Z | - |
dc.date.available | 2024-12-13T05:05:19Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4103 | - |
dc.description.abstract | Tesis ini bertujuan untuk meneliti proses pembelajaran Al-Qur’an metode tilawati, evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode tilawati dan efektivitas pembelajaran metode tilawati siswa kelas V di SDS Sekar Adi Cibinong Bogor. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif-kualitatif yang penulis gunakan ialah penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa pembelajaran Al-Qur’an metode tilawati di SDS Sekar Adi. Adapun sumber data berupa sumber primer melalui 5 informan diantaranya: kepala sekolah, kabid. kurikulum, koordinator tilawati, guru tilawati dan siswa kelas V yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta data sekunder berupa buku, jurnal, undang-undang dan data yang diperoleh dari internet. Hasil penelitian bahwa: 1) Proses pembelajaran Al-Qur’an metode tilawati siswa kelas V di SDS Sekar Adi Cibinong Bogor menggunakan teknik klasikal dan baca simak serta penugasan dibaca di rumah dengan waktu yang dibutuhkan untuk jenjang Tadarus Al-Qur’an 155 pertemuan atau 1,5 tahun. 2) Hasil evaluasi pembelajaran di tempat tersebut bahwa dari 44 siswa kelas V yang mengikuti munaqosyah kenaikan juz jenjang Al-Qur’an, 37 siswa dinyatakan “lulus” dan 7 siswa lainnya “perbaikan”, dengan persentase 84%. Siswa yang tidak lulus, rata-rata kesalahannya di bidang fashohah dan gharib musykilat, perlu adanya kelas khusus untuk membahas materi tersebut. 3) Metode tilawati dikatakan efektif untuk digunakan sebagai pembelajaran Al-Qur’an di tempat tersebut karena proses pembelajaran yang sudah tersistem dan bekerjasama dengan tilawati center jabar 1, guru-guru Al-Qur’an pun sudah memiliki sertifikat dan syahadah Al-Qur’an sehingga siswa mengalami kemudahan dalam belajar membaca Al-Qur’an khususnya pada siswa kelas V. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Metode Tilawati | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Al-Qur’an | en_US |
dc.title | Efektivitas Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Siswa Kelas V di SDS (Swasta) Sekar Adi Cibinong Bogor | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
221430316_Izhar Syafawi Sya’ban.pdf Restricted Access | 221430316_Tesis | 4.53 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.