Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4116
Title: | Islamic Green School Pedoman Praktis Sekolah Ramah Lingkungan |
Authors: | Amalia Nur Milla, Yosini Deliana Tati Suryati Syamsudin, Rachminawati Fitma Fitria Iqlima, Dyah Lyesmaya |
Issue Date: | Jan-2025 |
Publisher: | Lekkas |
Abstract: | slamic Green School adalah sebuah konsep penyelenggaraan pendidikan yang berfokus pada lingkungan dan keberlanjutan. Penyelenggara Pendidikan (Sekolah/ Pesantren) harus berkomitmen untuk mendidik peserta didik sadar lingkungan serta memiliki tanggung jawab sosial. Sekolah dibangun dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip ramah lingkungan, menggunakan material yang berkelanjutan dan energi terbarukan. Selain itu, sekolah juga mempromosikan praktik- praktik hijau seperti daur ulang, pertanian organik, dan konservasi air. Islamic Green School memiliki konsep bahwa prinsip-prinsip ramah lingkungan dalam Islam sudah ada pada ajaran yang terdapat dalam pedoman agama Islam yaitu Al Qurán dan As Sunnah. Konsep Islamic Green School tidak hanya fokus pada kurikulum akademis, tetapi pembelajaran praktis menjaga lingkungan. Dengan demikian, Islamic Green School adalah penyelenggara pendidikan holistik mulai dari sumber daya manusia (green mind), kurikulum (green curriculum), manajemen sekolah (green management), dan seluruh aktivitas sekolah (green activity) yang dilakukan untuk tercapainya pendidikan dan budaya peduli lingkungan berlandaskan pada ajaran Islam. Hal ini berkaitan dengan integrasi keislaman dalam pelaksanaan praktik-praktik baik dalam melestarikan lingkungan atau kegiatan ramah lingkungan. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4116 |
ISBN: | 978-623-6207-94-9 |
Appears in Collections: | Buku |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
islamic green school menteri 2025-4.pdf | 2.55 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.