Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4127
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Reksiana | - |
dc.contributor.author | Alfania Nafila, 20220164 | - |
dc.date.accessioned | 2025-01-16T04:49:49Z | - |
dc.date.available | 2025-01-16T04:49:49Z | - |
dc.date.issued | 2024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4127 | - |
dc.description.abstract | Komunikasi akademik yang efektif sangat penting dalam lingkungan pendidikan, khususnya dalam diskusi perkuliahan yang melibatkan pertukaran informasi antara mahasiswa dan dosen serta antara mahasiswa dan mahasiswa lainnya. Namun, masih banyak mahasiswa yang mengalami hambatan dalam berkomunikasi, hal ini disebabkan karena adanya rasa kurang percaya diri, keterbatasan kemampuan berbicara dan faktor lain nya. Perkembangan teknologi informasi dan kecerdasan buatan, seperti ChatGPT, menawarkan solusi baru untuk mendukung efektivitas komunikasi. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media ChatGPT sebagai sumber informasi dalam meningkatkan efektivitas komunikasi akademik. Perbedaan antara penelitian ini dengan penelitian sebelumnya terletak pada variabel yang digunakan. Pada penelitian sebelumnya, variabel X adalah pengaruh penggunaan ChatGPT dan variabel Y adalah efisiensi komunikasi. Sementara itu, pada penelitian ini, variabel X adalah pemanfaatan ChatGPT dan variabel Y adalah efektivitas komunikasi akademik. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jenis judgmental sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner tertutup dengan skala Likert 4 poin. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana, dengan uji hipotesis t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi signifikan antara pemanfaatan ChatGPT dan efektivitas komunikasi pada mahasiswa semester 3 dan semester 5 di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Nurussalam, dengan nilai signifikansi (p = 0,000 < 0,05). Pemanfaatan ChatGPT memberikan pengaruh sebesar 16,2% terhadap efektivitas komunikasi, sementara 83,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini memberikan wawasan baru mengenai potensi ChatGPT dalam meningkatkan kualitas komunikasi akademik dan membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh teknologi terhadap efektivitas komunikasi. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | ChatGPT | en_US |
dc.subject | Komunikasi Akademik | en_US |
dc.subject | Efektivitas Komunikasi | en_US |
dc.title | Pengaruh pemanfaatan Media ChatGPT Terhadap Efektivitas Komunikasi Akademik Mahasiswa STIT Nurussalam | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
32-20220164.pdf Restricted Access | 2.14 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
32-20220164_Publik.pdf Restricted Access | 1.22 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.