Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/418
Title: | Pendidikan Akhlak Siswa Dalam Bersosialisasi Dengan Masyarakat (Study Kasus Kelas VIII SMP IT Darul Kholidin Bogor) |
Authors: | Lahmi Maryamah, 12311121 |
Advisor: | Artani Hasbi |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis korelasional. Dalam teknik pengambilan sample peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan penentuan sample sebanyak 30 siswa dari 128 siswa terdiri dari 4 kelas dan di ambil secara acak, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus Product Moment . Akhlak sangat berkaitan dengan pola pikir, sikap hidup dan perilaku manusia. Keburukan akhlak sangat berpotensi memicu timbulnya perilaku- perilaku negatif. Jika akhlak dari seseorang individu buruk, maka sangat mungkin ia akan melahirkan berbagai perilaku yang dampaknya dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara peranan pendidikan akhlak siswa dengan bersosialisasi dengan masyarakat pada hal ini dapat dibuktikan dengan jumlah rxy = 0,43 yang besarnya berkisar antara 0,40-0,70 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,43 > 0,349, sedangkan pada taraf signifikansi 1% yaitu 0,43< 0,449, dengan demikian nilai tersebut masuk ke dalam kategori cukup atau sedang (0,40-0,70) maka dinyatakan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) di tolak. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/418 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
12311121.pdf Restricted Access | 2.43 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.