Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/419
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Syarif Hidayatullah | - |
dc.contributor.author | Lutfiah Sani, 12311122 | - |
dc.date.accessioned | 2020-01-22T09:59:25Z | - |
dc.date.available | 2020-01-22T09:59:25Z | - |
dc.date.issued | 2019 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/419 | - |
dc.description.abstract | Berbagai metode mengajar semakin bermunculan dengan mengunggulkan masing-masing kelebihan daripada metode tersebut. Salah satunya pada abad ke-21 ini, semakin marak metode hypnoteaching yang sudah cukup tersebar luas di Indonesia ini, namun masih banyak kalangan masyarakat di antaranya guru yang belum memahami esensi dari hypnoteaching tersebut. Dalam penelitian yang dilakukan, penulis ingin mengetahui adakah korelasi yang kuat antara pendidikan karakter berbasis metode hypnoteaching dengan perbaikan dan peningkatan karakter mahasiswa. Selain itu penulis ingin menganalisis bagaimana sistem pembelajaran di ruang kelas, faktor apa saja yang mendukung terlaksananya pendidikan karakter mahasiswa dan apa saja nilai-nilai karakter yang termuat dalam mata kuliah yang diajarkan di Kahfi BBC Motivator School Bintaro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deksriptif analisis, dengan menguraikan keadaan atau fakta yang sebenarnya sesuai yang terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, dengan tahapan penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu menggunakan teknik analisis data. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode hypnoteaching dalam penyampaian materi di Kahfi BBC Motivator School Bintaro sangat efektif dan mampu membuat peserta didik tertarik, nyaman, dan fokus selama berlangsungnya proses belajar. Serta terdapat korelasi yang sangat kuat dan positif antara pendidikan karakter berbasis metode hypnoteaching dengan perbaikan dan peningkatan karakter, sikap dan perilaku mahasiswa Kahfi BBC Motivator School ke arah yang lebih positif. Hal tersebut dibuktikan oleh keberadaan dosen yang mumpuni dalam bidang hypnocommunication dan hypnoteaching, lingkungan kampus yang kondusif, keteladanan oleh dosen dan senior, adanya respon positif dari keluarga dan lingkungan mahasiswa dan mahasiswi Kahfi terhadap perubahan positif dalam sikap dan perilaku mahasiswa dan mahasiswi setelah belajar di Kahfi, mata kuliah yang berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah sehingga membuat mahasiswa mengaplikasikan ilmu-ilmu yang memuat karakter positif di kehidupan sehari-harinya tanpa paksaan maupun tekanan, melainkan kesadaran dan kemauan diri sendiri. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Penerapan, Pendidikan, Hypnoteaching | en_US |
dc.title | Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Metode Hypnoteaching di Kahfi BBC Motivator School Bintaro | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
12311122.pdf Restricted Access | 999.14 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.