Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/422
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Ahmad Dimyati Badruzzaman | - |
dc.contributor.author | Nila Murtadhiyah Hakim, 12311125 | - |
dc.date.accessioned | 2020-01-22T10:07:29Z | - |
dc.date.available | 2020-01-22T10:07:29Z | - |
dc.date.issued | 2016 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/422 | - |
dc.description.abstract | Dalam kajian teori, penulis memaparkan pengertian, sejarah dan karakteristik yang berkaitan dengan Efektivitas Metode Turki Usmani dalam menghafal Al-Qur`an. Menghafal Al-Qur`an dengan menggunakan Metode Turki Usmani tidak berdasarkan juz dari juz 1 hingga 30 atau sebaliknya. Seperti kebanyakan metode yang dipakai di Indonesia. Metode ini adalah “metode acak”. yaitu, dengan menghafal satu halaman dari juz satu pojok 20 yang mereka hafal dan setelah itu pindah lagi satu halaman pada juz kedua pojok 20 dan begitu seterusnya. Standar Al-Qur`an yang di pakai dalam menghafal Al-Qur`an sistem Turki Usmani, terdiri dari 20 halaman setiap juznya dan terdiri dari 15 baris setiap halamannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak ada korelasi yang signifikan antara Efektivitas Penggunaan Metode Turki Usmani dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur`an. Adapun untuk menjawab rumusan masalah di atas, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi product moment, selain pendekatan kuantitatif, penulis juga melakukan metode deskriptif analisis dari angket yang disebarkan kepada Santri Putri Pondok Pesantren Tahfizhul Qur`an Al-Qodr Tangerang sebanyak 30 santri putri dari populasi 129. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan diketahui dari nilai rhitung lebih besar dari pada rtabel pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1%. Hipotesis Alternatif (Ha) yang menyatakan hubungan yang signifikan antara korelasi Metode Turki Usmani dengan kemampuan Menghafal Al-Qur`an Santri Putri Pondok Pesantren Tahfizhul Al-Qur`an Al-Qodr Tangerang diterima sedang Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian, karena nilai korelasi koefisien sebesar 1,95, hal ini menunjukkan bahwa kekuatan hubungan efektivitas penggunaan Metode Turki Usmani dalam menghafal Al-Qur`an adalah sangat kuat atau sangat tinggi. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Efektivitas, Turki Usmani, Al-Qur'an | en_US |
dc.title | Efektivitas Penggunaan Metode Turki Usmani Dalam Menghafal Al- Qur`an di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur`an Al-Qodr Tangerang | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
12311125.pdf Restricted Access | 3.51 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
12311125_Publik.pdf Restricted Access | 593.98 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.