Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4249
Title: Al-Qur’an untuk Disabilitas (Analisis Tatbiq Al-Qur’an Verbal bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Tunarungu di Pesantren Abata Indonesia)
Authors: Nabilatul Adawiah, 221411086
Advisor: Ade Naelul Huda
Abdullah Safei
Issue Date: 2025
Publisher: Program Pascasarjana IIQ Jakarta
Abstract: Tesis ini bertujuan untuk menganalisa Tatbiq Al-Qur'an verbal pada anak tunarungu khususnya di pondok pesantren Abata Indonesia, Temanggung, Jawa Tengah. Meneliti bagaimana kemampuan oral santri dengan keterbatasan akibat gangguan pendengaran dan tunawicara namun tetap bisa dilatih untuk berkomunikasi secara verbal dan penerapannya pada Al-Qur'an. Tesis ini sependapat dengan penelitian Riski Kristianto Pambudi, dkk, dalam jurnalnya “Penerapan Metode Abata Dalam Membantu Hafalan Al-Quran Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di Pondok Pesantren Abata Temanggung Tahun 2023” yang menyimpulkan bahwa penerapan metode Abata terbukti mampu membantu anak berkebutuhan khusus tunarungu membaca Al-Qur’an walaupun mengalami tuli total dan tuna wicara namun dapat membaca Al-Qur’an seperti orang pada umumnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun sumber data primer berupa hasil wawancara dan observasi langsung di lapangan, dan data sekunder berupa buku-buku referensi dari perpustakaan, jurnal, karya ilmiah dan internet. Data diolah melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, penerapan mushaf Al-Qur'an pada penyandang disabilitas sensorik tunarungu terbagi menjadi dua jenis, yaitu verbal dan non-verbal. Kedua, Mushaf Al-Qur’an verbal bagi tunarungu adalah bentuk Al-Qur’an yang disesuaikan secara khusus agar dapat diakses oleh tunarungu melalui oral (lisan), dengan pendekatan isyarat, visual fonetik, lips reading dan gerakan tubuh. Ketiga, kemampuan membaca Al-Qur’an santri tunarungu Abata sebagian besar sudah bisa membaca Al-Qur’an secara verbal, namun tetap saja pelatihan artikulasi harus terus dilatih agar suara anak lebih jelas dan pelafalan hurufnya lebih baik.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4249
Appears in Collections:Tesis S2 Ilmu Al Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
221411086_Nabilatul Adawiah.pdf
  Restricted Access
221411086_Tesis3.42 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
221411086_Nabilatul Adawiah_BAB 1&5.pdf
  Restricted Access
221411086_Tesis_BAB 1&5799.79 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.