Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4281Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Dewi Maharani | - |
| dc.contributor.author | Stevi Oktaviyani, 21312465 | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-06T08:38:01Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-06T08:38:01Z | - |
| dc.date.issued | 2025 | - |
| dc.identifier.uri | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4281 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini didasarkan pada pentingnya penguatan berpikir kritis dalam merespons persoalan keagamaan masa kini, serta masih minimnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran PAI yang bersifat tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang, terdiri atas satu Kepala Sekolah, satu Guru Pendidikan Agama Islam, dan lima siswa kelas X SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PBL menciptakan suasana belajar yang aktif dan kolaboratif, serta mendorong siswa untuk berpikir kritis. Guru menyusun pembelajaran berbasis masalah yang relevan dengan kehidupan siswa, sehingga mereka mampu menganalisis, mengevaluasi, dan menyampaikan ide secara logis. Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat, terlihat dari kemampuan mengidentifikasi masalah, menyusun pertanyaan, menilai solusi, dan mengemukakan pendapat berbasis argumen. Metode PBL terbukti efektif dan layak diterapkan lebih luas dalam pembelajaran PAI. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
| dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
| dc.subject | SMA Kharisma Bangsa | en_US |
| dc.subject | Berpikir Kritis | en_US |
| dc.subject | Pendidikan Agama Islam | en_US |
| dc.title | Penerapan Metode Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kualitas Berpikir Kritis siswa pada Pembelajaran PAI DI SMA Kharisma Bangs Tangerang Selatan | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 40-21312465.pdf Restricted Access | 3.54 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
| 40-21312465_Publik.pdf Restricted Access | 2.01 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.