Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4281
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDewi Maharani-
dc.contributor.authorStevi Oktaviyani, 21312465-
dc.date.accessioned2025-11-06T08:38:01Z-
dc.date.available2025-11-06T08:38:01Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4281-
dc.description.abstractPenelitian ini didasarkan pada pentingnya penguatan berpikir kritis dalam merespons persoalan keagamaan masa kini, serta masih minimnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran PAI yang bersifat tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang, terdiri atas satu Kepala Sekolah, satu Guru Pendidikan Agama Islam, dan lima siswa kelas X SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PBL menciptakan suasana belajar yang aktif dan kolaboratif, serta mendorong siswa untuk berpikir kritis. Guru menyusun pembelajaran berbasis masalah yang relevan dengan kehidupan siswa, sehingga mereka mampu menganalisis, mengevaluasi, dan menyampaikan ide secara logis. Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat, terlihat dari kemampuan mengidentifikasi masalah, menyusun pertanyaan, menilai solusi, dan mengemukakan pendapat berbasis argumen. Metode PBL terbukti efektif dan layak diterapkan lebih luas dalam pembelajaran PAI.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectSMA Kharisma Bangsaen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePenerapan Metode Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kualitas Berpikir Kritis siswa pada Pembelajaran PAI DI SMA Kharisma Bangs Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
40-21312465.pdf
  Restricted Access
3.54 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
40-21312465_Publik.pdf
  Restricted Access
2.01 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.