Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4287
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Rohmah-
dc.contributor.authorLuthfi Efira Damayanti, 21312411-
dc.date.accessioned2025-11-06T08:52:10Z-
dc.date.available2025-11-06T08:52:10Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4287-
dc.description.abstractPermasalahan moral dan kemunduran karakter religius di kalangan remaja menjadi tantangan besar dalam dunia pendidikan saat ini. Pendidikan karakter yang hanya dibebankan pada guru agama seringkali belum mampu membentuk kepribadian yang utuh. Untuk itu, diperlukan pendekatan pendidikan yang lebih menyeluruh dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Ghazalian Method konsep pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali dalam pembentukan karakter religius siswa di MI Mumtaza Islamic School. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana metode Al-Ghazali dapat diterapkan secara efektif dalam membentuk karakter religius siswa di sekolah dasar. Penelitian ini berbeda dengan kajian-kajian sebelumnya yang hanya menitikberatkan pada kegiatan keagamaan sebagai sarana pembentukan karakter. Dalam penelitian ini, Ghazalian Method dianalisis sebagai pendekatan yang bersifat menyeluruh, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui lima tahapan utama: keteladanan, pembiasaan, nasihat, tazkiyatun-nafs (penyucian jiwa), serta hukuman dan ganjaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam oleh 6 informan, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, koordinator keagamaan, guru Akidah Akhlak, dan siswa kelas V MI Mumtaza Islamic School. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Ghazalian Method mampu membentuk karakter religius siswa secara signifikan, ditandai dengan meningkatnya kedisiplinan ibadah, kesantunan dalam berperilaku, serta sikap tanggung jawab dan empati terhadap sesama. Kelima tahapan metode diterapkan secara konsisten dalam kegiatan pembelajaran dan budaya sekolah. Kesimpulannya, pendekatan Al-Ghazali terbukti relevan dan aplikatif dalam pendidikan karakter religius di era modern.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectAnalisis Implementasien_US
dc.subjectGhazalian Methoden_US
dc.subjectkarakter religiusen_US
dc.titleAnalisis Implementasi Ghazalian Method dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabeen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
63-21312411.pdf
  Restricted Access
3.55 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
63-21312411_Publik.pdf
  Restricted Access
1.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.