Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4288Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Muh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet | - |
| dc.contributor.author | Regita Novita Sari, 21312444 | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-06T08:54:56Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-06T08:54:56Z | - |
| dc.date.issued | 2025 | - |
| dc.identifier.uri | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4288 | - |
| dc.description.abstract | Pembentukan karakter disiplin merupakan bagian penting dalam pendidikan, khususnya di kalangan remaja tingkat SMP. Dalam hal ini, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peranan strategis sebagai teladan dalam membentuk karakter disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis nilai-nilai disiplin yang diajarkan oleh guru PAI kepada siswa kelas IX Cambridge di SMP Kharisma Bangsa; (2) menganalisis strategi guru PAI sebagai role model dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IX Cambridge di SMP Kharisma Bangsa; dan (3) menganalisis tantangan yang dihadapi guru PAI dalam menjalankan strateginya sebagai role model dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IX Cambridge di SMP Kharisma Bangsa. Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari fenomena menurunnya kedisiplinan siswa, seperti kurang taat terhadap aturan dan lemahnya pengendalian diri dalam penggunaan teknologi. Penelitian ini berbeda dari penelitian terdahulu karena menitikberatkan pada keteladanan nyata guru PAI dalam kehidupan siswa sehari-hari. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 8 informan, yaitu: kepala sekolah, 2 guru PAI dan 5 siswa kelas IX Cambridge di SMP Kharisma Bangsa. Teknik Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi dan klasifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai disiplin yang diajarkan oleh guru PAI kepada siswa kelas IX SMP Kharisma Bangsa meliputi disiplin waktu, disiplin ilmu, dan disiplin pribadi. Strategi yang diterapkan guru PAI sebagai role model mencakup: menanamkan aturan yang jelas dan berkelanjutan, menanamkan nilai-nilai disiplin secara langsung dan tidak langsung, dan menjalankan peran guru secara maksimal sebagai pendidik,teladan, fasilitator, pembimbing, dan evaluator. Adapun tantangan yang dihadapi guru PAI yaitu siswa kurang menaati peraturan dan kurang mampu mengatur waktu dalam penggunaan teknologi. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
| dc.subject | Guru PAI | en_US |
| dc.subject | Role Model | en_US |
| dc.subject | Karakter Disiplin | en_US |
| dc.title | Peran Guru PAI Sebagai Role Model Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa (Studi di SMP Kharisma Bangsa Tangerang Selatan) | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 89-21312444.pdf Restricted Access | 2.89 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
| 89-21312444_Publik.pdf Restricted Access | 1.35 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.