Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4290
Title: Sosiologi Dan Antropologi Agama Upaya Memahami Keragaman Budaya, Tradisi dan Agama Dengan Kumpulan Jurnal-Jurnal Sosiologi dan Antopoligi Agama Dunia
Kumpulan Makalah KPI 2023
Authors: Saudatus Saidah Assauriyyah, Hanifah Jawahir
Ingrid Kilani Johar, Mahasiswa KPI IIQ Jakarta 2023
Advisor: Saepullah
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Makalah ini berjudul “Pengertian Sosiologi dan Antropologi Agama” yang membahas dua cabang ilmu, yaitu sosiologi agama dan antropologi agama, yang mempelajari hubungan antara agama dan masyarakat. Sosiologi agama berfokus pada interaksi antara agama dan masyarakat, tanpa menilai kebenaran dari kepercayaan agama, tetapi lebih pada bagaimana kehidupan sosial dan kebudayaan berkembang di dalam masyarakat. Sebaliknya, antropologi agama mempelajari agama dari perspektif budaya, tidak menilai benar atau salahnya agama, melainkan melihat agama sebagai fenomena budaya yang berkembang dalam masyarakat. Makalah ini menggunakan metode deskriptif analitik, di mana penulis menjelaskan dan menganalisis objek kajian berdasarkan data yang dikumpulkan dari sumber primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari buku “Pengantar Sosiologi dan Antropologi” karya Hodriani S.Sos dan Dr. Yakobus dkk., sementara data sekunder diambil dari berbagai jurnal yang relevan dengan topik ini. Dengan menggunakan kedua pendekatan ini, makalah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana agama mempengaruhi kehidupan sosial dan kebudayaan, serta bagaimana budaya dapat membentuk pemahaman masyarakat terhadap agama. Makalah ini diharapkan memberikan wawasan yang komprehensif tentang peran agama dalam dinamika sosial.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4290
Appears in Collections:Buku/Artikel

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SOSANTROP E-BOOK.pdf1.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.