Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4296
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKhusna Farida-
dc.contributor.authorArsila Khoirunnisa, 20312313-
dc.date.accessioned2025-11-25T05:14:51Z-
dc.date.available2025-11-25T05:14:51Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4296-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh siswa SMPIT Al-Ghazali yang tidak mencapai target hafalan, yaitu ada 8 siswa dari 20 siswa, sedangkan siswa tidak belajar pelajaran umum. Dalam hal ini maka diperlukan strategi-strategi untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran tahfizh pada program takhassus Al-Qur’an di SMPIT Al-Ghazali Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMPIT Al-Ghazali Bekasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Tahfizh, 5 siswa takhassus Al-Qur’an, 3 wali murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di SMPIT Al-Ghazali sudah berjalan dengan baik, yang mencakup manajemen yang telah dilakukan dan diterapkan, waktu menghafal yang tepat, lingkungan yang mendukung untuk menghafal, dan dukungan penuh dari orang tua serta pimpinan lembaga. (2) Faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pembelajaran tahfizh Al-Qur’an pada program takhassus Al-Qur’an di SMPIT Al-Ghazali: (a) faktor pendukung: faktor kesehatan, faktor psikologis, faktor motivasi, faktor waktu. (b) faktor penghambat: tidak istiqamah dalam melakukan sima’an, ada beberapa siswa yang belum menguasai makhârijul ḥurûf dan tajwid, sering lupa, guru tahfizh sebelumnya belum hafal 30 juz dan sering berganti-ganti guruen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi pembelajaranen_US
dc.subjectTakhassus Al-Quranen_US
dc.subjectTahfizh Al-Quranen_US
dc.titleStrategi Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Pada Program Takhassus Al-Qur’an di SMPIT Al-Ghazalien_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
96-20312313.pdf
  Restricted Access
2.56 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
96-20312313_Publik.pdf
  Restricted Access
1.26 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.