Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4299
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Shopiyah-
dc.contributor.authorSiti Fakhriah, 20312269-
dc.date.accessioned2025-11-25T05:35:50Z-
dc.date.available2025-11-25T05:35:50Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4299-
dc.description.abstractPembelajaran akidah akhlak adalah salah satu kurikulum yang diajarkan pada tahapan tingkat menengah, yang di mana sangat memberikan pengaruh besar terhadap tingkah laku peserta didik, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Agar seseorang memiliki akidah yang kuat dan akhlak mulia salah satu caranya itu adalah dengan mempelajari akidah akhlak dengan indikator keberhasilan pembelajaran akidah akhlak adalah mencakup tiga ranah, yaitu aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran akidah akhlak pada karakter siswa kelas VIII di MTs Nurul Furqon dan sejauh mana upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam menerapkan karakter. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu: Kepala Madrasah, guru aqidah akhlak dan sebagian siswa di MTs Nurul Furqon Bogor. Hasil penelitian menunjukan bahwa; Implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa di MTs Nurul Furqon Bogor antara lain: Pertama, Memberikan kesadaran dalam diri siswa untuk selalu bersikap baik berlandaskan akidah dan akhlak yang mulia serta mengarahkan siswa agar berperilaku qana’ah, syukur, sabar dan tawakal. Kedua, Pembelajaran aqidah akhlak sangat penting bagi siswa, sehingga perlu keseriusan dalam pembelajarannya. Hal ini bertujuan untuk membentuk akhlak karimah para siswa dan menjadi tuntutan bagi guru untuk mencontohkan suri tauladan yang baik kepada siswa. Upaya yang dilakukan guru akidah akhlak guna mencetak peserta didik yang memiliki sifat qana’ah, syukur, sabar dan tawakal, adalah seorang pendidik harus menjadi suri tauladan bagi para peserta didik dalam melaksanakan sifat-sifat tersebut. Tepatnya, qana’ah, syukur, sabar dan tawakal terbentuk dari penggabungan antara teori dan praktik yang diberikan oleh guru.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectAkidah Akhlaken_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa MTs Nurul Furqon Bogoren_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
99-20312269.pdf
  Restricted Access
4.61 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
99-20312269_Publik.pdf
  Restricted Access
1.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.