Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4300Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Khusna Farida | - |
| dc.contributor.author | Gesfia Sindy Fitriayuni, 20312212 | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-25T05:39:13Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-25T05:39:13Z | - |
| dc.date.issued | 2024 | - |
| dc.identifier.uri | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4300 | - |
| dc.description.abstract | Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya upaya dalam proses perbaikan dan penjagaan hafalan Al-Qur`an yang dilakukan oleh santri di Pondok Pesantren Ummul Qura. Santri dengan kesibukan mereka yang bermacam-macam karena waktu mereka yang tidak hanya digunakan untuk menghafal Al-Qur`an saja harus dapat memiliki upaya untuk tetap dapat menjaga hafalan mereka. Salah satu dari upaya tersebut adalah dengan melaksanakan kegiatan tradisi simaan Al-Qur`an. Kegiatan ini yang nantinya akan memengaruhi kualitas hafalan santri, apakah mengalami peningkatan atau tidak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-analitis, yaitu mengkaji sebuah kasus living Qur`an yang kemudian akan dideskripsikan secara utuh dan dianalisis sesuai dengan kerangka teori yang ditetapkan. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosiologi agama Keith A. Robert yaitu memfokuskan terhadap pengelompokan lembaga agama yang meliputi pembentukannya dan perilaku individu dalam kelompok tersebut yang akan memengaruhi status keagamaan dan perilaku ritual. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa tradisi simaan Al-Qur`an di Pondok Pesantren Ummul Qura memiliki 3 bagian, yaitu simaan mingguan, per-semester, dan tahunan. Adapun hasil yang didapatkan santri dari penerapan tradisi simaan Al-Qur`an mengenai peningkatan dalam hal penyesuaian penggunaan tajwid, faṣᾱḥah, dan kelancaran ketika membaca Al-Qur`an meningkat sesuai dengan hasil pre test dan post test simaan mingguan. Selain aspek bacaan mereka yang semakin meningkat, kelancaran hafalan mereka juga mengalami peningkatan menjadi lebih kuat. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
| dc.subject | Tradisi Simaan Al-Quran | en_US |
| dc.subject | Hafalan Santri | en_US |
| dc.title | Implementasi Tradisi Simaan Dalam Membentuk Kualitas Hafalan Santri di Pondok Pesantren Ummul Quran | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 100-20312212.pdf Restricted Access | 2.61 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
| 100-20312212_Publik.pdf Restricted Access | 1.33 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.