Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4302
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKhusna Farida-
dc.contributor.authorBerlinda Febiola, 21312368-
dc.date.accessioned2025-11-25T06:25:31Z-
dc.date.available2025-11-25T06:25:31Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4302-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi karena pemahaman mahasiswa IIQ Jakarta terhadap mata kuliah Ilmu Qirā`āt dinilai minim sedangkan ilmu Qirā`āt merupakan salah satu mata kuliah kekhususan IIQ Jakarta dan dipelajari selama VI semester. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Hemas Qirā`āt yang diadakan di Pesantren Takhasus IIQ Jakarta apakah berperan dalam meningkatkan pembelajaran pada mata kuliah Ilmu Qirā`āt. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data utama penelitian ini adalah pengurus Pesantren Takhasus IIQ Jakarta, Instruktur Hemas Qirā`āt, dan mahasiswi peserta Hemas Qirā`āt. Teknik pengumpulan data melalui Teknik observasi participatory dan non participatory,wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hemas Qirā`āt berperan dalam meningkatkan pembelajaran pada mata kuliah Ilmu Qirā`āt melalui 6 indikator yang meningkatkan pembelajaran, yaitu: 1) Relevansi dengan tujuan pembelajaran, Hemas Qirā`āt relevan dengan tujuan pembelajaran karena Hemas Qirā`āt merupakan kegiatan pendukung pembelajaran Ilmu Qirā`āt. 2) Meningkatkan pemahaman materi, Hemas Qirā`āt membantu mahasiswa meningkatkan materi baik dari segi pemahaman teori, mampu menganalisis, menjama’ dan mempraktikkan kaidah-kaidah. 3) Mendorong partisipasi aktif, mahasiswa yang mengikuti Hemas Qirā`āt aktif dalam pembelajaran di perkuliahan. 4) Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, mahasiswa peserta Hemas Qirā`āt mampu menganalisis, menjama’ dan mempraktikkan kaidah-kaidah Qirā`āt dengan baik dan kreatif dalam berbagi pemahaman dengan teman-teman yang lain. 5) Memberikan umpan balik, peserta Hemas Qirā`āt mampu mengevaluasi dan mengukur sejauh mana pemahamannya terhadap ilmu Qirā`āt. 6) Metode pembelajaran yang bervariatif, di kelas Hemas Qirā`āt menggunakan metode pembelajaran yang sangat bervariatif sehingga memotivasi mahasiswa lebih semangat dalam pembelajaran ilmu Qirā`āt di perkuliahan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPeranen_US
dc.subjectProses Pembelajaran Ilmu Qiraaten_US
dc.subjectHemas Qiraaten_US
dc.titlePeran Hari Ekspresi Mahasantri (Hemas) Qiraat Club Dalam Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Ilmu Qiraaten_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
02-21312368.pdf
  Restricted Access
7.72 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
02-21312368_Publik.pdf
  Restricted Access
1.33 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.