Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4306
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRomlah Widayati-
dc.contributor.authorSukmawati, 21312467-
dc.date.accessioned2025-11-25T06:35:36Z-
dc.date.available2025-11-25T06:35:36Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4306-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru tahfiz dalam membimbing siswa untuk menghafal Al-Qur’an, mengingat masih di temukannya peserta didik di SMPN 03 Kota Tangerang Selatan yang belum lancar membaca Al-Qur’an. Untuk mengatasi hal tersebut, maka sekolah menyelenggarakan program Ekstra Kurikuler Tahfiz Al-Qur’an sebagai upaya membangun minat, dan kecintaan serta karakter religius siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi yang diterapkan oleh guru tahfiz Al-Qur'an dalam membimbing siswa pada program ekstrakurikuler dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam pembelajaran Tahfiz di SMPN 03 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan mendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMPN 03 Kota Tangerang Selatan. Sumber data primer penelitian ini adalah kepala sekolah, guru tahfidz Al-Qur’an, dan siswa kelas VIII di SMPN 03 Kota Tangerang Selatan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen sekolah, buku, jurnal, serta literatur yang relevan dengan topik penelitian. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam pembelajaran tahfiz mencakup tiga tahapan utama: (1) kegiatan pendahuluan, (2) Penyampain informasi, (3) Partisispasi peserta didik, (4) Tes, dan (5) kegiatan lanjutan. Strategi ini berfokus pada pembiasaan, bimbingan intensif, dan penguatan hafalan secara bertahap. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat siswa terletak pada faktor lingkungan, faktor motivasi, serta faktor malas dan adanya ayat yang Panjang dalam menghafal.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi Tahfizen_US
dc.subjectTahfiz Al-Quranen_US
dc.subjectEkstra Kurikuleren_US
dc.titleStrategi Guru Tahfiz Al-Quran Dalam Membimbing Siswa Pada Program Ekstra Kurikuler Di SMPN 03 Kota Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
08-21312467.pdf
  Restricted Access
3.42 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
08-21312467_Publik.pdf
  Restricted Access
1.19 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.