Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4313
Title: Strategi Guru Tahfīẓ dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 3 Jakarta
Authors: Astri Ultafia, 21312362
Advisor: Sri Tuti Rahmawati
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: PAI), Fakultas Tarbiyah, Tahun Akademik 2025. Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa siswa yang memiliki kemampuan yang beragam. peneliti menemukan beberapa peserta didik yang memiliki kemampuan yang cukup beragam yaitu kemampuan menghafal siswa yang berbeda-beda, ada yang cepat hafal, tapi ada juga yang lambat karena daya tangkapnya yang kurang. Selain itu, masih ada siswa yang bacaan Al-Qur’an yang belum lancar, makharijul hurufnya yang belum tepat, waktu untuk menghafal yang tersedia terbatas, serta ada pula siswa yang kurang semangat dan kurang memanfaatkan waktu dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru tahfīẓ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Jakarta, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru tahfīẓ, siswa, serta pihak sekolah yang berjumlah 11 informan. Serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh guru tahfīẓ meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII di Mts Negeri 3 Jakarta terdiri dari beberapa strategi, yaitu: 1) Membetulkan bacaan siswa, 2) Memberikan contoh bacaan, yaitu dengan guru terlebih dahulu membaca ayat per ayat kemudian diikuti siswa nya, 3) Memberikan motivasi dan nasihat kepada iswa yang malas menghafal dan memberikan pujian kepada siswa yang rajin menghafal, 4) mengajak dan membimbing siswa untuk selalu muraja’ah, 5) Menggunakan metode yang bervariasi.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4313
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17-21312362.pdf
  Restricted Access
3.62 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
17-21312362_Publik.pdf
  Restricted Access
1.45 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.