Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4316
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKhusna Farida-
dc.contributor.authorAnnasthasya Syabani Putri, 21312360-
dc.date.accessioned2025-11-25T07:24:40Z-
dc.date.available2025-11-25T07:24:40Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4316-
dc.description.abstractPendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri kepribadian, kecerdasan yang diperlukan dirinya, keluarga dan negara. Akan tetapi, rendahnya minat baca dikalangan siswa Indonesia yang hanya mencapai 0,001% menjadi tantangan signifikan dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Penggunaan metode ceramah yang masih mendominasi sering kali membuat siswa merasa bosan dan kurang terlibat aktif, sehingga berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan langkah-langkah yang diambil dalam penerapan metode diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui dampak metode diskusi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTsN 3 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan dan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta subjek penelitian ini terdiri dari 4 informan, yaitu: Guru SKI Kelas VIII dan 3 siswa kelas VIII dan teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengenai implementasi metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTsN 3 Jakarta, dilakukan melalui beberapa tahapan yang saling keterkaitan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Secara keseluruhan, implementasi metode diskusi terbukti mempunyai dampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, baik dari segi ketekunan, keuletan, maupun minat belajar, sehingga menghasilkan proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMetode Diskusien_US
dc.subjectSejarah Kebudayaan Islamen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titleImplementasi Metode Diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MTsN 3 Jakartaen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
20-21312360.pdf
  Restricted Access
2.62 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
20-21312360_Publik.pdf
  Restricted Access
1.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.