Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4318
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEsi Hairani-
dc.contributor.authorRiska Widiyaningsih, 21312450-
dc.date.accessioned2025-11-25T07:52:22Z-
dc.date.available2025-11-25T07:52:22Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4318-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi karena pada era sekarang fokus utama pendidikan seringkali hanya pada apa yang dipelajari, bukan pada nilai-nilai kemanusiaan yang menjadi dasar dalam pembentukan karakter siswa, karena dengan pembentukan karakter itu siswa akan memahami dan mengintegrasikan nilai-nilai moral dan etika yang baik, seperti kejujuran, tanggung jawab, empati, toleransi dan menghormati orang lain. Maka, sekolah diharapkan menerapkan pendidikan Humanistik agar pembelajaran berlangsung optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang di kumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru PAI dan siswa kelas VI dua siswa, jadi total keseluruhan informan berjumlah empat orang. Dan menggunakan teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan penerapan Nilia-nilai Humanistik berlangsung baik, dengan melalui penerapan nilai tersebut dalam budaya sekolah, strategi guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Humanistik, interaksi dan dinamika didalam kelas, pengalaman siswa. Selain itu terdapat dukungan dan tantangan yang dihadapi pada proses penerapan Nilai-nilai humanistik. Dukungan seperti peran aktif kepala sekolah dan kebijakan kurikulum yang memberikan fleksibilitas untuk bisa menerapkan nilai-nilai humanistik, selain dukungan terdapat juga tantangan yaitu seperti adaptasi baik dari guru maupun siswa, juga tantangan seperti proses adaptasi terhadap kurikulum merdeka, baik dari sisi guru maupun siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasi Humanistiken_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.titlePenerapan Nilai-nilai humanistik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Nagasari III Karawang Baraten_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
21-21312450.pdf
  Restricted Access
2.64 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
21-21312450_Publik.pdf
  Restricted Access
1.22 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.