Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4319
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEsi Hairani-
dc.contributor.authorSalsabilla Nur Rahma, 21312457-
dc.date.accessioned2025-11-25T07:54:34Z-
dc.date.available2025-11-25T07:54:34Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4319-
dc.description.abstractPembentukan karakter disiplin pada siswa merupakan aspek penting dalam pendidikan, khususnya melalui pembiasaan ibadah salat fardu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran aktif dan konsisten orang tua dalam membangun karakter disiplin siswa kelas V MI Miftah Assa’adah Tangerang Selatan melalui ibadah salat fardu, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam proses tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri dari 7 informan, yaitu 3 orang tua (ibu) siswa, 3 siswa kelas V, dan 1 guru kelas V MI Miftah Assa’adah Tangerang Selatan. Sumber data sekunder diperoleh dari dokumen sekolah, buku, jurnal serta literatur yang relevan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan sebagai teladan, bertanggung jawab mengenalkan dan mengajarkan ibadah salat fardu sejak dini, memberikan contoh langsung, serta konsisten mengingatkan dan mengajak anak untuk melaksanakan ibadah salat fardu. Faktor pendukung meliputi motivasi dan dorongan konsisten dari orang tua, pemberian pujian sederhana, suasana rumah yang kondusif, komunikasi yang baik, dan pendekatan emosional. Namun, terdapat pula faktor penghambat seperti keterbatasan waktu dan perhatian orang tua, pengaruh lingkungan sosial yang kurang mendukung, kelelahan fisik anak, gangguan dari gadget dan hiburan digital, serta kurangnya pemahaman dan motivasi internal anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran aktif dan konsisten orang tua sangat penting dalam membangun karakter disiplin siswa melalui ibadah salat fardu. Dengan harapan siswa dapat menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab dan taat menjalankan kewajiban agama.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPeran Orang Tuaen_US
dc.subjectKarakter Disiplinen_US
dc.subjectShalat Fardhuen_US
dc.titlePeran Orang Tua dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa melalui Ibadah Salat Fardu di MI Miftah Assa’adah Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
23-21312457.pdf
  Restricted Access
3.86 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
23-21312457_Publik.pdf
  Restricted Access
1.83 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.