Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4325
Title: Strategi Guru Taḥfīẓ dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Quran Siswa SMP Islam Ibnu Umar Ciputat Tangerang Selatan
Authors: Aisyah Iskandar, 21312354
Advisor: Siti Shopiyah
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya tantangan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas hafalan siswa SMP yang sedang berada dalam fase perkembangan kognitif dan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi guru taḥfīẓ dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an di SMP Islam Ibnu Umar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber utama data penelitin ini adalah kepala sekolah, guru taḥfīẓ, dan 9 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi non partisipasi aktif, wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru taḥfīẓ dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa di SMP Islam Ibnu Umar, menerapkan berbagai strategi yang komprehensif, adaptif, dan kontekstual dalam menunjang pencapaian hafalan siswa. Strategi-strategi tersebut mencakup pelaksanaan setoran hafalan individu, muraja’ah terstuktur secara harian, serta metode halaqah kelompok yang mendorong keterlibatan aktif antar sesama siswa. Selain itu, guru juga melakukan penguatan motivasi spiritual melalui pembinaan karakter Qur’ani dan penyampaian nasihat yang inspiratif.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4325
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
29-21312354.pdf
  Restricted Access
8.02 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
29-21312354_Publik.pdf
  Restricted Access
1.86 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.